Wednesday, June 22, 2016

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan merupakan proses dimana didalamnya ada keterkaitan antara orang banyak dengan tujuan yang satu, yaitu untuk mencapai cita – cita bersama. Dalam pembangunan selalu membawa beberapa dampak, baik positif maupun negatif. Dampak positif merupakan salah satu tujuan dari dilaksanakannya pembangunan, yaitu perubahan yang baik dan cerdas bagi manusia dalam mencapai kesejahteraan.
            Untuk mencapai tujuan positif dari pembangunan itu sendiri memerlukan perencanaan dan proses yang tidak mudah. Biasanya didalam perencanaan sedikitnya akan membahas permasalahan dan penanggulangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
            Adapun berkelanjutan, yaitu tindakan positif ataupun negatif yang dampak dan manfaatnya akan terus menerus bisa di rasakan oleh orang banyak. Berkelanjutan memiliki makna keseimbangan dari waktu ke waktu (Masa Lalu – Masa Kini – Masa Depan).    
Lalu, apa itu Pembangunan Berkelanjutan ?Pembangunan Berkelanjutan merupakan suatu bentuk kegiatan membenah, menata, dan / atau mewujudkan sebuah cita – cita, yaitu memenuhi kebutuhkan di masa kini tetapi tetap menjaga kelestariannya untuk masa yang akan datang. Dengan kata lain, kegiatan ini memiliki maksud yaitu menjaga kebutuhan dari generasi ke generasi, terutama generasi dimasa yang akan datang.
Pembangunan berkelanjutan adalah tindakan yang harus dilakukan di bumi kita ini. Penyebab dituntutnya masyarakat atau umat manusia harus memperhatikan Pembangunan Berkelanjutan ini disebabkan oleh tindakan – tindakan dari umat manusia sendiri.
Ada 2 contoh sederhana sifat manusia yang paling membuat Pembangunan Berkelanjutan ini harus dilakukan. Pertama, yaitu seorang pengangguran yang hanya membuat bumi ini sesak tanpa berkembang dan hanya mempersulit majunya pendidikan, ekonomi, dan politik di dunia. Kedua, yaitu seseorang yang memiliki dompet “tebal” yang hanya ingin membangun bangunan yang menjulang tinggi keatas di atas lahan hijau yang “lugu” dan tanpa mementingkan ekosistem yang ada dibumi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Random Posts

BTemplates.com